top of page
  • Gianti Dewi P.

Keuntungan Jadi Karyawan yang Punya Bisnis Sampingan


Tebak deh, kamu masih butuh penghasilan tambahan tapi ga mau ngelepasin pekerjaan utama kamu? Tapi tenyata bisnis sampingan punya berbagai keuntungan buat kamu loh, nih check it out!

  1. Kamu bisa belajar bagaimana mengelola usaha sendiri tanpa kehilangan sumber penghasilan utama untuk menopang biaya hidup diri sendiri atau juga keluarga. Jadi ga rugi juga coba bisnis sampingan buat kamu yang udah punya kerjaan tetap.

  2. Kamu juga bisa ngerasain gimana sulit atau mudahnya hidup sebagai seorang wirausaha yang kadang penghasilan ga rutin datangnya atau gimana senengnya pas lagi banyak orderan hihihi. Mengasah mental sebagai pengusaha bisa dirasain tanpa harus mengambil resiko keluar dari pekerjaan utama.

  3. Karyawan seperti kamu bisa tahu bisnis apa yang menjanjikan keuntungan bahkan dengan modal yang relatif kecil.

  4. Punya penghasilan ganda jadi keuntungan tersendiri buat kamu! Bayangkan kalau karyawan biasa mungkin cuma punya gaji 2 juta, kamu bisa dapet 2,5 – 3 juta karena bisnis sampingan kamu.

Tapi ada hal-hal yang perlu kamu waspadai loh ketika berbisnis sampingan, diantaranya:

  1. Butuh waktu lebih. Tentu aja kamu kudu menyediakan waktu ekstra untuk bisa mendapatkan penghasilan ganda. Setelah pulang kantor, kamu masih harus mengerjakan atau mengontrol pekerjaan lainnya.

  2. Butuh tenaga ekstra. Kamu harus mengeluarkan tenaga tambahan untuk bisnis sampingan kamu. Oleh karena itu, kesehatan menjadi perhatian penting biar kamu ga tepar.

  3. Butuh konsentrasi lebih. Biasanya melakukan dua hal yang berbeda memerlukan konsentrasi tinggi, nah dengan berbisnis kamu juga akan ditantang untuk mengatur konsentrasi kamu.

Memang berbisnis itu engga mudah, tapi kerja keras kamu akan sebanding dengan penghasilan yang kamu dapatkan dari bisnis ini. No pain, no gain! Eits, tapi selalu ada cara yang lebih mudah untuk berbisnis, makanya terus belajar dan coba berbisnis ya Zanana Seekers!


395 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page