top of page
  • Gianti Dewi P.

8 Alasan Mulai Berbisnis dari Muda


Menurut kamu lebih bagus mulai bisnis dari sekarang atau ketika kamu udah mateng dan punya uang lebih banyak? Eits, jangan salah! Kamu harus tahu 8 alasan kamu harus mulai berbisnis dari sekarang!

1. Bisa aja jatuh, tapi cepet bangkit!

Semangat buat cepet bangkit dari kegagalan bikin kamu bisa jadi pengusaha sukses. Jadi gagal bukan jadi mimpi buruk buat kamu. Karena gagal di saat muda bukanlah kegagalan, tapi masa belajar. Ga akan ada orang yang menyalahkan kamu karena salah atau gagal toh!

2. Optimis parah!

Anak muda kaya kamu selalu memiliki mimpi dan harapan untuk bisa sukses di masa depan. Kamu selalu berharap dengan penuh kehati-hatian, daripada takut ngelakuin sesuatu dan menjadi orang yang belum pernah mencoba apapun. Anak muda selalu tertantang buat menikmati setiap perjalanan yang mereka lalui. Anak muda yang produktif selalu bikin prestasi untuk bisa hidup sampai tua nanti dengan cara anti mainstream.

3. Punya fokus besar buat ngejalanin usaha

Walaupun anak muda keliatan santai dan kadang mengentengkan pekerjaan, anak muda juga bisa memiliki fokus yang besar buat hal-hal yang mereka suka dan kerjakan. Berbeda dengan orang tua yang fokusnya terbagi ke pekerjaan, keluarga dll. Tapi kamu bisa fokus ngembangin diri kamu tanpa terbagi-bagi. Bahkan ada banyak anak muda di Indonesia yang sukses mengerjakan 1 pekerjaan dengan fokus dan sudah meraih sukses. Banyak loh pengusaha muda yang sukses seperti Yasa Singgih dari Men's Republic, Keenan Pearce dari Makna Creative, Gazan Azka dari Zanana Chips, Nadiem Makarim dari Go-Jek dll.

4. Bisa memulai dengan hal kecil

Bagi sebagian anak muda menjadi pengusaha dari nol memang bukan hal yang mudah. Makanya kamu mungkin bisa coba berbisnis bahkan dari skala kecil, coba aja dulu jadi reseller atau dengan menjual produk lain yang sudah laris dan pelajari bagaimana seorang pengusaha mengembangkan penjualannya!

5. Berani berpikir anti-mainstream

Kamu cenderung ingin terus melakukan hal baru dan berpikir berbeda dari orang kebanyakan. Tidak jarang ide yang anak muda ciptakan pun terkesan aneh dan bahkan sering tidak masuk akal. Tapi pemikiran berbeda inilah yang jadiin anak muda berbeda dan kreatif

6. Berani melakukan dan bekerja dengan hal yang tidak biasa

Bekerja ala orang kantoran, duduk di depan komputer selama berjam-jam, mengenakan pakaian formal, datang dan pulang tepat waktu mungkin sulit untuk diikuti oleh anak muda zaman sekarang. Jiwa bebas anak muda terus menginginkan kebebasan dalam melakukan pekerjaan, termasuk membangun bisnis. Kalau kamu berbisnis kamu bisa kerja dari rumah dan tetep dapet duit.

7. Mudah beradaptasi

Dengan internet, dunia serasa lebih sempit dari yang kita perkirakan. Banyak budaya yang bahkan berasal dari luar negeri mudah sekali masuk dan mempengaruhi masyarakat di Indonesia. Inilah yang membuat anak muda di Indonesia harus mudah beradaptasi dengan banyak kebudayaan yang mereka temui. Keanekaragaman adalah kunci untuk menciptakan inovasi dan memaksimalkan peluang bsinis yang baru maupun yang sudah ada. Jadi anak muda selalu up to date atas tren yang lagi menyebar.

8. Kepuasan bukan hanya sekedar uang

Pengusaha tentu tahu bahwa uang adalah tujuan utama, tapi kepuasan bagi anak muda bukan hanya sekedar tentang uang. Anak muda memiliki kepuasaan dalam menjalin sebuah hubungan, melakukan aktivitas bersama teman-teman bahkan menerima pelajaran setiap harinya. Anak muda bahkan merasa puas terhadap setiap keputusan dan kesalahan yang mereka lakukan. Tapi dengan cepat mereka juga mencari solusinya. Intinya dengan berbisnis, kamu banyak dapet pengalaman baru yang bisa bikin kamu lebih adaptif, solutif, dan kreatif karena kamu dipaksa untuk menjadi seperti itu.

So selamat mencoba berbisnis sekarang Zanana Seekers!


625 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page